Selasa, 18 Oktober 2011

Jalan-Jalan ke Yogyakarta



Yogyakarta, lebih tepanya Sleman adalah kampung halaman ayahku. Setiap dua tahun sekali sehabis hari raya idul fitri, aku dan keluarga pulang ke kampung halaman ayah. Di Sleman kita menginap dirumah salah satu saudara untuk beberapa hari, tepatnya didaerah Hargobinangun. Karena rumah saudara (pakdhe) masuk wilayah Kaliurang (kalo gak salah sih), udara di sana sangat sejuk. Di sebelah rumah pakdhe terlihat hamparan sawah yang luas, didepannya ada kebun salak dan kandang kebo. gak jauh dari belakang rumah pakdhe ada sungai. Ini sebenarnya suasana yang bikin kangen balik lagi ke Sleman. Suasana yang gak bisa aku dapet di rumah.
Jalan-jalan ke Yogja gak lengkap tanpa berwisata alam dan historis. aku mau crita nih, tempat apa saja yang sudah pernah aku kunjungi...

Let's see..

1. Pantai Parangtritis
Pantai Parangtritis ini letaknya di sebelah selatan Yogja. Perjalanan dari Sleman kira-kira 1 jam (kalo gak macet). Waktu aku kesana sih macetnya minta ampun, panas, dan capek juga. Tapi, setelah sampai...Wuiiiih..indah banget nih pantai...pasirnya, lautnya,,waaaahhh!
agak kaget sih, pas liat ada delman wira-wiri..ternyata gak dikota aja..di pantai juga ada delmannya. Tarifnya sih gak tau soalnya aku gak sempet naik (Hiks! :( ).







2. Kaliurang
Ini salah satu tempat wisata yang dekat dengan rumah pakdhe XD. Udah berkali-kali ke tempat ini. Tapi gak ada bosennya, karena udaranya sejuk banget. Yang beruntung, bisa mendaki dan nemu'in air terjunnya, aku sih pernah naik, tapi dingin banget dan gak nemu'in si air terjun yang katanya bagus banget. Disana juga ada taman dan Flaying Fox yang panjang banget. Cukup bikin aku takut buat naik (hahaha..). 



3. Museum Merapi
Kalau berkunjung ke Kaliurang sekalian mampir ke Museum Merapi ya. Museum ini baru loh..pas aku ke Yogja tahun 2009 setahun pasca Merapi meletus, museum ini belum buka. Tapi pas tahun  2011 ini, aku berkesempatan berkunjung kesana lagi. Isinya ada historis perjalanan meletusnya gunug merapi, benda-benda yang sudah gosong terkena wedus gembel, sampai jenis material yang dikeluarkan gunung merapi. Ada juga bioskop yang menceritakan historis meletusnya gunung merapi tahun 2010.


maap narsis dikit.. >.<


4. Kali adem
Ke Yogya gak lengkap tanpa jalan-jalan ke Kali adem. bagi kalian yang ingin menikmati pemandangan gunung Merapi dari dekat datang aja kesini (itu sih kalo gak ke tutup kabut, So, pinter-pinter pilih waktu ya), atau mau berkunjung ke rumah alm. mbah Maridjan yang sekarang dibuat situs sejarah. berkunjung ke Kaliadem ada sensasi tersendiri, melihat lingkungan sekitar yang gersang pasca gunung meletus membuat perasaan ikut menelusuri kejadian-kejadian memilukan dari korban bencana.

Alm. mbah Maridjan in memoriam

maap narsis lagi nih.. >.<

Mobil wartawan VIva News yang menjadi korban wedus gembel diabadikan..




Bekas rumah alm. mbah Maridjan dijadikan situs.


5. Keraton Yogyakarta
Nah,,sampai juga kita diwisata historis, Keraton Yogyakarta. Belum dibilang ke Yogya kalo belum mengunjungi Keratonnya donk..di tempat ini, kita bisa melihat berbagai patung yang mengilustrasikan kegiatan-kegiatan sakral kerajaan, seperti acara pernikahan, khitanan, dan lainnya. Disini kita juga bisa melihat silsilah kerajaan dan foto-foto keluarga kerajaan seperti Sultan Hamengkubuwono, dan benda-benda bersejarah kerajaan. Letak Keraton sangat strategis, dekat dengan malioboro dan Taman sari juga.


6. Benteng Vredeburg
Benteng ini letaknya tidak jauh dari Keraton, Taman Sari, dan Malioboro. So, sekalian saja mampir ke sini. Yang unggul dari tempat ini adalah bangunan-bangunan khas Belanda dan ilustrasi patung-patung tentang masa-masa penjajahan.









7. Monumen Yogya Kembali
Monumen ini memiliki bangunan arsitektur yang indah. Isinya adalah patung-patung yang mengilustrasikan massa-massa penjajahan.

8. Candi Borobudur
Candi ini masuk daerah Magelang sih..tapi wajib di kunjungi juga karena candi ini pernah menjadi 7 keajaiban dunia. Pertama kali melihat candi Borobudur, perasaan kagum, senaang dan bertanya-tanya "wah,,ini ya candi yang pernah jadi 7 keajaiban dunia?AMAZING!!!!". So, wajib bagi kalian yang belum pernah berkunjung untuk merasakan hal yang sama, luar biasa.

9. Candi Prambanan
Candi  yang indah ini berada didaerah klaten. Yang paling aku suka dari candi ini adalah karena ini salah satu candi yang aku bisa datangin secara gratis, tapi dulu sebelum pakdheku yang diKlaten meninggal. Beliau lurah Klaten yang meninggal pada tahun 2009. Sedihhhh....#curhatdikit
Lebih dari itu, candi ini adalah candi kenganan. Setiap kesana, aku ingat pakdhe..(hwaaaaa...).



10. Taman Sari
Wisata ini adalah taman air keluarga kerajaan. Disini terdapat dua kolam renang dan tempat bertapa raja. Didekat Taman sari, berjalan melewati rumah penduduk, terdapat masjid bawah tanah. Indah banget!


Masjid bawah tanah


11. Malioboro dan Pasar Beringharjo
Gak usah panjang lebar deh, yang doyan belanja dan pengen beli oleh-oleh khas Yogya, kerajinan, batik, WAJIB DATANG KESINI! XD

12. Mirota
Mau nuansa Bali yang terselip di Yogya? datang aja kesini. Aku paling suka belanja disini, harganya murah, banyak jenisnya, dan nuansa bali banget. Dan juga, kasirnya ganteng-ganteng (dijamin! gak bohong)..Ooops! Sssst! XD

13. Rumah Budhe (hehehe..)
Naaaaah...dari wisata yang ada, rumah budheku yang paling sangat dan harus dikunjungi! khusus buat aku dan keluarga.
hahaha

yang aku punya cuma foto pas merapi meletus... :(



foto disebelah rumah ini doank yang gak... XD

oke,,
segini dulu posting dari aku..
semoga bermanfaat... : D





2 komentar: